Nangkring bareng PLN rayon Blega Masyarakat desa Genteng - Desa Genteng Kec Konang

Latest

Minggu, 04 Februari 2018

Nangkring bareng PLN rayon Blega Masyarakat desa Genteng




Masyarakat desa genteng yang notabene tinggal di wilayah perbukitan, akses listrik masih belum tersalurkan dengan baik pada seluruh wilayah yang ada. Antar rumah dengan rumah lainnya terletak di beberapa titik wilayah. Tidak tersebar secara merata pada semua wilayah. Banyak dipisahkan oleh sawah-sawah dan perbukitan luas. Listrik untuk masuk wilayah ini masih belum memadai dengan baik kala itu. Dibandingkan dengan wilayah lain, listrik sudah dengan mudahnya masuk dan terfasilitasi untuk setiap rumah warga. Ketika sudah malam tiba tidak ada lampu di setiap jalan desa Genteng.
Tahun 2018 ini, masyarakat desa Genteng sudah mulai merasakan listrik dengan baik di rumah-rumah warga. Terdapat gardu induk di desa Genteng yang baru ada ketika tahun 2017 akhir sekitar bulan oktober. Apabila dihitung hingga saat ini, terhitung mulai bulan oktober tahun 2017 hingga januari 2018 yakni kurang lebih sekitar 3 bulan sudah masyarakat dapat merasakan adanya cahaya di dalam rumah mereka ketika malam hari. Setelah masuknya listrik pada di desa Genteng perlu diimbangi pengetahuan masyarakat akan hal-hal yang berhubungan dengan listrik.
Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura melakukan tanggung jawabnya dalam pendidikan yakni melakukan KKN di desa Genteng kecamatan Konang. Saat yang bersamaan, ketika mendengar kabar tentang listrik yang baru masuk desa, mahasiswa KKN kelompok 41 yang bertempat di desa Genteng kecamatan Konang memiliki inisiatif untuk melakukan kerjasama dengan PLN. Kerjasama yang dilakukan berupa penyuluhan yang disampaikan dan dilakukan oleh pihak PLN. Pihak PLN yang diajak kerjasama oleh mahasiswa KKN yakni PLN Blega. Penyuluhan yang dilakukan kepada masyarakat desa Genteng yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN kelompok 41 yakni mengenai cara penggunaan listrik, perawatan listrik, penghematan daya dan biaya listrik, bahaya yang disebabakan oleh listrik, serta pencegahan saat terjadinya bahaya. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 22 Januari 2018 pukul 13.00-selesai. Penyuluhan listrik tersebut diikuti oleh 30 peserta dari kalangan bapak-bapak warga masyarakat desa Genteng. Antusiasme warga cukup baik dengan penjelasan yang disampaikan oleh salah satu staf PLN Blega. Harapan adanya penyelenggaraan penyuluhan listrik dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat serta dapat menambah wawasannya agar ketika terjadi suatu hal dengan listrik dapat ditanggulangi dengan sederhana, sehingga tidak menimbulkan bahaya yang lebih besar. (amel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar