Gas Alam - Desa Genteng Kec Konang

Latest

Selasa, 16 Januari 2018

Gas Alam



 “Gas Alam”
Dusun Ghubuken desa Genteng  kecamatan Konang
Gas Alam merupakan suatu potensi yang tersimpan di wilayah dusun Ghubuken desa Genteng kecamatan Konang. Api yang muncul di wilayah tersebut ada karena terdapat kandungan gas didalam tanahnya. Ketika diberikan percikan api dari korek api disuatu titik yang sedikit berlubang  maka akan muncul api dengan bau khas yang menyengat seperti gas. Namun, api tersebut akan mati ketika tutup lubangnya. Ketika ditanyakan kepada kepala dusun Ghubuken berapa luas tanah yang mengandung gas alam tersebut tidak dapat dipastikan luasnya.
Berdasarkan cerita masyarakat yang bersumber dari kepala dusun Ghubuken, asal usul gas alam adalah berdasarkan cerita pada zaman dahulu. Suatu ketika terdapat seorang suami dengan istrinya yang sedang hamil besar. Ketika sang istri ingin melahirkan di daerah ghubuken tersebut yang dulunya belum memiliki nama, masih belum memiliki penerangan sama sekali. Ketika di malam hari, hanya ada kegelapan karena tidak adanya penerangan tersebut. Suatu malam sang istri akan melahirkan, dibawah kegelapan malam suami mengalami kebingungan luar biasa bagaimana menolong istrinya dalam kondisi seperti itu. Tiba-tiba suami tersebut mengambil sebuah tongkat yang ditancapkan ke tanah, kemudian tiba” mengeluarkan api. Hingga sampai sekarang api itu masih ada dan menyala ketika diberi percikan api di lubang kecil bekas tancapan tongkat tersebut.

Legenda tersebut berlanjut ketika sang istri akan melahirkan terdapat sebuah gubug di dekat munculnya api. Hingga suami tersebut membawa istrinya untuk melahikan di gubug tersebut. Sampai pada akhirnya sang istri melahirkan di gubug tersebut dengan selamat berkat gubug dan api yang muncul di daerah itu. Adanya gubug tersebut merupakan cerita asal usul mengapa dusun tempat gas alam tersebut dinamakan dusun Ghubuken.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar